Thursday, June 19, 2014

Makalah Metode/Alat Pendidikan

Kali ini saya share makalah Metode/Alat Pendidikan, langsung download aza gan...gk usah banyak ketik...huhu

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
            kepribadian dan kemampuan sesorang, yang mana hasil dari pendidikan itu sendiri dijadikan sebagai bekal dalam hidup dan kehidupan baik secara individu maupun sosial bermasyarakat.
            Berangkat dari hal itu, suatu pendidikan dapat berlangsung dengan baik perlu adanya sarana maupun prasarana yang menunjang baik itu pendidikan yang bersifat formal maupun non formal. Dalam setiap situasi pendidikan yang tengah berlangsung diperlukan metode dan alat-alat pendidikan.
            Metode pendidikan selalu berkaitan dengan  proses pendidikan, yaitu bagaimana cara melaksanakan kegiatan pendidikan agar tercapai tujuan pendidikan. Metode pendidikan merupakan cara-cara yang dipakai seseorang untuk membimbing anak/peserta didik sesuai dengan perkembangannya kearah tujuan yang hendak dicapai. Karena antara pendidik dan peserta didik mempunyai kedudukan seimbang, maka metode pendidikannya lebih mengarah pada metode diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, problem solving dan berjalan dalam suasana yang dialogis. Alat pendidikan merupakan faktor pendidikan yang sengaja dibuat dan digunakan demi pencapaian tujuan pendidikan tertentu. Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan



B.   Rumusan Masalah
      1.   Apakah yang dimaksud dengan metode / alat pendidikan ?
      2.   Bagaimanakah pembagian  metode / alat pendidikan ?
      3.   Bagaimanakah penggunaan metode / alat pendidikan ?
      4.   Apa sajakah macam-macam  metode /  alat pendidikan ?

BAB II
URAIAN

A.   Pengertian
1.     Metode Pendidikan
v Secara Etimologi
                        Metode dalam Bahasa Arab,dikenal dengan istilah thariqah yang berarti langkah-  langkah strategis yang dipersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Bila dihubungkan      dengan pendidikan, maka metode itu  harus diwujudkan dalam proses pendidikan, dalam   rangka mengembangkan sikap mental dan kepribadian agar peserta didik menerima           pelajaran dengan mudah,efektif dan dapat dicerna dengan baik.

No comments: