Kali ini akan saya share tentang KEBERHASILAN,
REMEDIAL, DAN PENGAYAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN, sedot aza gan filenya di bawah....
KEBERHASILAN,
REMEDIAL, DAN PENGAYAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Keberhasilan Pembelajaran
Ketercapaian atau penguasaan terhadap
bahan/materi pelajaran yang ditandai dengan penguasaan tujuan pembelajaran
“Langkah pertama mencapai keberhasilan
adalah melakukan suatu pekerjaan kecil dengan sebaik-baiknya dan dengan cara
yang benar, hingga keberhasilan dapat tercapai. Selain itu lakukanlah pada
hal-hal yang lebih besar.”
Penilaian Keberhasilan Pembelajaran
Untuk mengukur dan mengevaluasi tingkat
keberhasilan pembelajaran dapat dilakukan melalui tes prestasi belajar
Yang Termasuk Tes Prestasi, antara lain:
v Tes Formatif
Mengukur satu atau beberapa pokok bahasan
tertentu dan bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang daya serap siswa
terhadap pokok bahasan tersebut
Contoh: Latihan harian, latihan mingguan,
dll
v Tes Sumatif
Mengukur daya serap siswa terhadap bahan
pokok bahasan yang telah disampaikan selama satu semester, satu atau dua tahun
pelajaran
Contoh : UTS, ulangan semester, dll
Tingkat Keberhasilan Pembelajaran
Ø Istimewa
Jika seluruh bahan pembelajaran yang telah
disampaikan dapat dikuasai oleh siswa
Ø Baik Sekali
Jika sebagian besar (85%-94%) bahan
pembelajaran yang telah disampaikan dapat dikuasai oleh siswa
Ø Baik
Apabila bahan pembelajaran yang telah
disampaikan hanya 75%-84% dapat dikuasai oleh siswa
Ø Kurang
Apabila bahan pembelajaran yang telah
disampaikan kurang dari 75% dikuasai oleh siswa
Pembelajaran Remedial (Perbaikan)
Suatu bentuk pembelajaran yang bersifat
menyembuhkan atau membetulkan, atau pembelajaran yang membuat menjadi baik
Proses bantuan lebih ditekankan pada :
•
Usaha perbaikan cara-cara belajar
•
Cara membelajarkan
•
Penyesuaian materi pelajaran
•
Penyembuhan segala hambatan yang dihadapi
Apa Tujuan Pembelajaran Remedial ?
Agar setiap siswa dapat mencapai prestasi
belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran sebagaimana yang telah ditetapkan
sebelumnya.
No comments:
Post a Comment