Thursday, June 19, 2014

KEBERHASILAN, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Kali ini akan saya share tentang KEBERHASILAN, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN, sedot aza gan filenya di bawah....



KEBERHASILAN, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Keberhasilan Pembelajaran
Ketercapaian atau penguasaan terhadap bahan/materi pelajaran yang ditandai dengan penguasaan tujuan pembelajaran
“Langkah pertama mencapai keberhasilan adalah melakukan suatu pekerjaan kecil dengan sebaik-baiknya dan dengan cara yang benar, hingga keberhasilan dapat tercapai. Selain itu lakukanlah pada hal-hal yang lebih besar.”
Penilaian Keberhasilan Pembelajaran
Untuk mengukur dan mengevaluasi tingkat keberhasilan pembelajaran dapat dilakukan melalui tes prestasi belajar
Yang Termasuk Tes Prestasi, antara lain:
v  Tes Formatif
Mengukur satu atau beberapa pokok bahasan tertentu dan bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang daya serap siswa terhadap pokok bahasan tersebut
Contoh: Latihan harian, latihan mingguan, dll
v  Tes Sumatif
Mengukur daya serap siswa terhadap bahan pokok bahasan yang telah disampaikan selama satu semester, satu atau dua tahun pelajaran
Contoh : UTS, ulangan semester, dll
Tingkat Keberhasilan Pembelajaran
Ø  Istimewa
Jika seluruh bahan pembelajaran yang telah disampaikan dapat dikuasai oleh siswa
Ø  Baik Sekali
Jika sebagian besar (85%-94%) bahan pembelajaran yang telah disampaikan dapat dikuasai oleh siswa
Ø  Baik
Apabila bahan pembelajaran yang telah disampaikan hanya 75%-84% dapat dikuasai oleh siswa
Ø  Kurang
Apabila bahan pembelajaran yang telah disampaikan kurang dari 75% dikuasai oleh siswa

Pembelajaran Remedial (Perbaikan)
Suatu bentuk pembelajaran yang bersifat menyembuhkan atau membetulkan, atau pembelajaran yang membuat menjadi baik
Proses bantuan lebih ditekankan pada :
        Usaha perbaikan cara-cara belajar
        Cara membelajarkan
        Penyesuaian materi pelajaran
        Penyembuhan segala hambatan yang dihadapi
Apa Tujuan Pembelajaran Remedial ?

Agar setiap siswa dapat mencapai prestasi belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran sebagaimana yang telah ditetapkan sebelumnya.


No comments: