Wednesday, June 18, 2014

Makalah Manusia dan Peradaban

Kali saya share Makalah Manusia dan Peradaban, langsung download aza filenya di bawah ....

MAKALAH
MANUSIA DAN PERADABAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Pendidikan Sosial Dan Budaya
Dosen : Hj. Fairus, S.Ag, SH
Disusun Oleh :
KELOMPOK 6
Nama                                                No. NPM
1.     Dody Lesmana                                 30612E3006
2.     Hidayat                                            30612E3007
3.     Iwan Nofariza                                  30612E3002
4.     M. Zakaria                                                30612E3012
5.     Sari                                                   30612E3027

STKIP PGRI BANJARMASIN JURUSAN MATEMATIKA
TAHUN 2013

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini sebagai tugas mata kuliah Pendidikan Sosial Dan Budaya.
Kami telah menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Namun tentunya sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Harapan kami, semoga bias menjadi koreksi di masa mendatang agar lebih baik lagi dari sebelumnya.
Tak lupa ucapan terima kasih kami sampaikan kepada teman-teman atas masukkannya, dorongan dan ilmu yang telah diberikan kepada kami. Sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya dan insya Allah sesuai yang kami harapkan. Dan kami ucapkan terima kasih pula kepada rekan-rekan dan semua pihak yang terkait dalam penyusunan makalah ini.
Pada dasarnya makalah yang kami sajikan ini khusus mengupas tentang Manusia dan Peradaban (mulai dari pengertian, wujud dan perkembangan peradaban, peradaban dn perubahan social dll). Untuk lebih jelas simak pembahasannya dalam makalah ini.
Mudah-mudahan makalah ini bias memberikan sumbang pemikiran sekaligus pengetahuan bagi kita semuanya. Amin.

Hormat Kami,
Penyusun


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I         PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
B.   Rumusan Masalah
BAB II        URAIAN
A.   Hakekat Manusia dan Peradaban
1.     Makna Manusia
2.     Makna Adab dan Peradaban
B.   Wujud dan Perkembangan Peradaban
1.     Wujud Paeradaban
2.     Evolusi Budaya dan Tahapan Peradaban
C.   Peradaban dan Perubahan Sosial
1.     Tradisi
2.     Modernisasi
3.     Masyarakat Madani
D.   Masyarakat Yang Beradab
E.    Problematika Peradaban Dalam Kehidupan Masyarakat
1.     Kemajuan IPTEK Bagi Peradaban Manusia
2.      Dampak Globalisasi Bagi Peradaban Manusia
BAB III       PENUTUP
                   Kesimpulan

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Manusia merupakan makhluk yang mempunyai akal, jasmani dan rohani. Melalui akalnya manusia dituntut untuk berfikir menggunakan akalnya untuk menciptakan sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Melalui jasmaninya manusia dituntut untuk menggunakan fisik / jasmaninya melakukan sesuatu yang sesuai dengan fungsinya dan tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Dan melalui rohaninya manusia dituntut untuk senantiasa dapat mengolah rohaninya yaitu dengan cara beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.
Antara manusia dan peradaban mempunyai hubungan yang sangat erat karena diantara keduanya saling mendukung untuk menciptakan suatu kehidupan yang sesuai kodratnya. Suatu peradaban timbul karena ada yang menciptakannya yaitu diantaranya factor manusianya yang melaksanakan peradaban tersebut.
Suatu peradaban mempunyai wujud, tahapan dan dapat berevolusi / berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Dari peradaban pula dapat mengakibatkan suatu perubahan pada kehidupan social. Perubahan ini dapat diakibatkan karena pengaruh modernisasi yang terjadi di masyarakat.
Masyarakat yang beradab dapat diartikan sebagai masyarakat yang mempunyai sopan santun dan kebaikan budi pekerti. Ketenangan, kenyamanan, ketentraman dan kedamaian sebagai makna hakiki manusia beradab dalam pengertian lain adalah suatu kombinasi yang ideal antara kepentingan pribadi dan kepentingan umum.
Perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bias digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas computer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai ilmu dan aktifitas manusia.

B.   Rumusan Masalah

Berpijak dari latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah pada penulisan ini adalah : Hakekat Manusia dan Peradaban yang meliputi makna manusia dan makna ada dan makna peradaban, Kemudian Wujud dan Perkembangan Peradaban yang meliputi wujud peradaban dan evolusi budaya dan tahapan peradaban, Kemudian Peradaban dan Perubahan Sosial yang meliputi tradisi, modernisasi dan masyarakat madani. Kemudian Masyarakat Yang Beradab, lalu Problematika Peradaban Dalam Kehidupan Masyarakat yang meliputi kemajuan IPTEK bagi peradaban manusia dan dampak globalisasi baggi peradaban manusia.

No comments: