Wednesday, June 18, 2014

Makalah Teori Dienes


Kali ini saya akan share tentang tugas kuliah, yaitu Makalah Teori Dienes, langsung aza di download filenya, ini tugas kelompok saya, wkwkwkw..... link download di bagian bawah :-)



KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini sebagai tugas mata kuliah Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika
              Kami telah menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Namun tentunya sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Harapan kami, semoga bias menjadi koreksi di masa mendatang agar lebih baik lagi dari sebelumnya.
            Tak lupa ucapan terima kasih kami sampaikan kepada teman-teman atas masukkannya, dorongan dan ilmu yang telah diberikan kepada kami. Sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya dan insya Allah sesuai yang kami harapkan. Dan kami ucapkan terima kasih pula kepada rekan-rekan dan semua pihak yang terkait dalam penyusunan makalah ini.
            Pada dasarnya makalah yang kami sajikan ini khusus mengupas tentang Teori Dienes (mulai dari pengertian, konsep, tahap-tahap belajar, keuntungan dan kerugiannya serta penerapannya dalam pembelajaran). Untuk lebih jelas simak pembahasannya dalam makalah ini.
            Mudah-mudahan makalah ini bias memberikan sumbang pemikiran sekaligus pengetahuan bagi kita semuanya. Amin
Kandangan, 06 April 2014
Hormat Kami,


Kelompok 6
 



                      


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………… 1
DAFTAR ISI ……………………………………………………………….……….  2
BAB I PENDAHUHULAN ..……………………………………………………….  3
  1. Latar Belakang ……………………………………..………………………..  3
  2. Rumusan Masalah ……………………...……………………………………  3
  3. Tujuan ……………………………………………………………………….. 4
BAB II PEMBAHASAN ……………………………………………………………  5
  1. Pengertian Teori Belajar  menurut Z. P. Dienes  ……………………………. 5
  2. Konsep matematika menurut Dienes ………….…………………………….  5
  3. Tahap – Tahap Belajar Menurut Dienes …………………………………….. 7
  4. Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Dienes …………………………... 9
  5. Penerapan Teori Dienes dalam Pembelajaran Matematika …………………. 9
BAB III PENUTUP ………..……………………………………………………….. 11
  1. Kesimpulan …………………………………………………………………. 11
  2. Saran ………………………………………………………………………... 11
PERTANYAAN DAN JAWABAN …….………………………………………….  12
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………  13






BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
            Pengajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, menurut kurikulum 2006, bertujuan antara lain agar siswa memiliki kemampuan menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika. Hal ini mengisyaratkan bahwa pelajaran matematika pada dasarnya sangatlah abstrak, sehingga diperlukan metode atau strategi dalam menyampaikan materi matematika yang abstrak tersebut menjadi konkret, selanjutnya dari permasalahan yang konkret tesebut baru dialihkan kebentuk konsep-konsep matematika yang abstrak. Untuk mengawali penyampaian materi matematika yang abstrak melalui konkret itu dapat berpedoman pada teori belajar Dienes. Pada teori belajar Dienes, ditekankan pembentukan konsep-konsep melalui permainan yang mengarah pada pembentukkan konsep yang abstrak. Dengan demikian teori belajar Dienes sangatlah cocok diterapkan dalam pembelajaran matematika.
Perkembangan psikologi kognitif sebagai suatu cabang psikologi yang memfokuskan studi-studinya pada aktivitas mental atau pikiran manusia telah berkembang sangat pesat seiring dengan menurunnya popularitas psikologi behaviorisme, berkembangnya studi tentang perkembangan kognitif dan bahasa serta kemajuan ilmu komunikasi. Studi tentang perkembangan kognitif manusia telah melahirkan teori psikologi pembelajaran dan membentuk aliran baru yang disebut kognitivisme.
Penyajian pembelajaran matematika saat ini tidak terlepas dari teori psikologi pembelajaran kognitivisme. Galloway (Ratumanan, 2004) mengemukakan bahwa belajar suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi dan faktor-faktor lain. Proses belajar meliputi pengaturan stimulus yang diterima dengan struktur kognitif yang terbentuk di dalam pikiran seseorang berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya.

 B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian belajar  menurut teori Z. P. Dienes?
2.      Apa saja konsep matematika menurut Dienes?
3.       Apa saja tahap – tahap belajar menurut Dienes ?
4.      Apakah kelebihan dan kekurangan teori belajar dienes ?
5.      Bagaimana penerapan teori Dienes dalam pembelajaran matematika?


C.    Tujuan
1.      Untuk memberikan informasi tentang pengertian belajar  menurut teori Z. P. Dienes.
2.      Untuk memberikan informasi tentang konsep matematika menurut Dienes.
3.      Untuk memberikan informasi tentang tahap – tahap belajar menurut Dienes.
4.       Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan teori belajar dienes.

5.      Untuk mengetahui penerapan teori Dienes dalam pembelajaran matematika.



No comments: