Kali ini saya akan share tentang tugas kuliah, yaitu Makalah Teori Dienes, langsung aza di download filenya, ini tugas kelompok saya, wkwkwkw..... link download di bagian bawah :-)
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga kami
dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini sebagai tugas mata kuliah Dasar-Dasar
dan Proses Pembelajaran Matematika
Kami
telah menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Namun
tentunya sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan.
Harapan kami, semoga bias menjadi koreksi di masa mendatang agar lebih baik
lagi dari sebelumnya.
Tak lupa ucapan terima kasih kami
sampaikan kepada teman-teman atas masukkannya, dorongan dan ilmu yang telah
diberikan kepada kami. Sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah
ini tepat pada waktunya dan insya Allah sesuai yang kami harapkan. Dan kami
ucapkan terima kasih pula kepada rekan-rekan dan semua pihak yang terkait dalam
penyusunan makalah ini.
Pada dasarnya makalah yang kami
sajikan ini khusus mengupas tentang Teori Dienes (mulai dari pengertian,
konsep, tahap-tahap belajar, keuntungan dan kerugiannya serta penerapannya
dalam pembelajaran). Untuk lebih jelas simak pembahasannya dalam makalah ini.
Mudah-mudahan makalah ini bias
memberikan sumbang pemikiran sekaligus pengetahuan bagi kita semuanya. Amin
Kandangan, 06 April 2014
Hormat Kami,
Kelompok
6
|
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ……………………………………………………………… 1
DAFTAR
ISI ……………………………………………………………….………. 2
BAB
I PENDAHUHULAN ..………………………………………………………. 3
- Latar
Belakang ……………………………………..……………………….. 3
- Rumusan
Masalah ……………………...…………………………………… 3
- Tujuan
……………………………………………………………………….. 4
BAB
II PEMBAHASAN …………………………………………………………… 5
- Pengertian
Teori Belajar menurut Z. P. Dienes ……………………………. 5
- Konsep
matematika menurut Dienes ………….……………………………. 5
- Tahap
– Tahap Belajar Menurut Dienes …………………………………….. 7
- Kelebihan
dan Kekurangan Teori Belajar Dienes …………………………... 9
- Penerapan
Teori Dienes dalam Pembelajaran Matematika …………………. 9
BAB
III PENUTUP ………..……………………………………………………….. 11
- Kesimpulan
…………………………………………………………………. 11
- Saran
………………………………………………………………………... 11
PERTANYAAN DAN JAWABAN …….…………………………………………. 12
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………… 13
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pengajaran matematika di Sekolah
Menengah Pertama sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, menurut
kurikulum 2006, bertujuan antara lain agar siswa memiliki kemampuan menggunakan
penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
Hal ini mengisyaratkan bahwa pelajaran matematika pada dasarnya sangatlah
abstrak, sehingga diperlukan metode atau strategi dalam menyampaikan materi
matematika yang abstrak tersebut menjadi konkret, selanjutnya dari permasalahan
yang konkret tesebut baru dialihkan kebentuk konsep-konsep matematika yang
abstrak. Untuk mengawali penyampaian materi matematika yang abstrak melalui
konkret itu dapat berpedoman pada teori belajar Dienes. Pada teori belajar
Dienes, ditekankan pembentukan konsep-konsep melalui permainan yang mengarah
pada pembentukkan konsep yang abstrak. Dengan demikian teori belajar Dienes
sangatlah cocok diterapkan dalam pembelajaran matematika.
Perkembangan
psikologi kognitif sebagai suatu cabang psikologi yang memfokuskan studi-studinya
pada aktivitas mental atau pikiran manusia telah berkembang sangat pesat
seiring dengan menurunnya popularitas psikologi behaviorisme, berkembangnya
studi tentang perkembangan kognitif dan bahasa serta kemajuan ilmu komunikasi.
Studi tentang perkembangan kognitif manusia telah melahirkan teori psikologi
pembelajaran dan membentuk aliran baru yang disebut kognitivisme.
Penyajian
pembelajaran matematika saat ini tidak terlepas dari teori psikologi
pembelajaran kognitivisme. Galloway (Ratumanan, 2004) mengemukakan bahwa
belajar suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan
informasi, emosi dan faktor-faktor lain. Proses belajar meliputi pengaturan
stimulus yang diterima dengan struktur kognitif yang terbentuk di dalam
pikiran seseorang berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya.
B.
Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian belajar
menurut teori Z. P. Dienes?
2. Apa saja konsep matematika menurut
Dienes?
3. Apa saja tahap – tahap belajar
menurut Dienes ?
4. Apakah kelebihan dan kekurangan
teori belajar dienes ?
5. Bagaimana penerapan teori Dienes
dalam pembelajaran matematika?
C.
Tujuan
1. Untuk memberikan informasi tentang
pengertian belajar menurut teori Z. P. Dienes.
2. Untuk memberikan informasi tentang
konsep matematika menurut Dienes.
3. Untuk memberikan informasi tentang
tahap – tahap belajar menurut Dienes.
4. Untuk mengetahui kelebihan dan
kekurangan teori belajar dienes.
5. Untuk mengetahui penerapan teori
Dienes dalam pembelajaran matematika.
No comments:
Post a Comment